Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Murung Raya Diiminta Waspada Demam Berdarah

  • Oleh Trisno
  • 08 November 2018 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Memasuki musim hujan di November ini warga Murung Raya (Mura) diingatkan untuk mewaspadai beberapa penyakit akibat gigitan nyamuk, salah satunya Demam Berdarah Dangue (DBD).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Murung Raya (Mura) dr Suria Siri, di musim penghujan biasanya terjadi peningkatan perkembangbiakan jentik nyamuk, yang salah satunya nyamuk penyebab DBD, sehingga masyarakat perlu mewaspadai hal itu agar tidak tertular.

Mantan Direktur RSUD Puruk Cahu ini mengungkapkan bahwa memang di setiap musim penghujan biasanya ada meningkat beberapa penyakit akibat gigitan nyamuk. Bahayanya, kalau masyarakat tidak tau atau tidak ada pencegahan maka akan mudah tertular.

Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan.

Program PSN yaitu Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Hal ini perlu dipahami, karena melakukan pencegahan dimulai dari masyarakat sendiri secara bersama sama, pasalnya Pemerintah melalui Dinas Kesehatan tidak mungkin bisa bekrja sendiri melakukan upaya pencegahan.

"Di Mura sebenarnya memang belum terjadi kasus luar biasa terkait dengan DBD, namun potensi tetap adan dan harus bersama sama melakukan pencegahan melalui beberapa poin pencegahan yang telah disosialisasikan secara terus menerus hingga ke desa desa selama ini," tandas Suria, kemarin. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru