Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arsip Sebagai Simpul Pemersatu Bangsa dan Bukti Pertanggungjawaban Kegiatan

  • Oleh Uriutu
  • 08 November 2018 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kearsipan atau arsip merupakan simpul pemersatu bangsa dan sebagai bukti pertanggungjawaban kegiatan. 

Demikian diungkapkan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Barsel, Agus Taruna saat Bimtek peningkatan kapasitas pengelolaan arsip perangkat daerah, Kamis (8/11/2018).

“Arsip bermanfaat sebagai simpul pemersatu bangsa dan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan, baik dana bersumber dari APBN maupun APBD,” katanya.

Dia mengatakan arsip juga sebagai penunjang kelancaran pelaksanaan tugas pokok bagi pimpinan. Maka perlu dilakukan pengendalian, penyusunan pola klasifikasi dengan memperhatikan keamanan dan kerahasiaan arsip.

Arsip juga, lanjutnya sebagai naskah dinas yang dibuat dan diterima oleh pimpinan unit kerja dan merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan pemerintah.

“Hal itu bertujuan untuk menyediakan data dan informasi cepat dan tepat bagi yang memerlukan,” bebernya.

Menurutnya, arsip juga merupakan seluruh rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dimuat.

Selain itu bisa diterima oleh lembaga-lembaga negara, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, ormas, dan perorangan.

Dia mengakui kondisi arsip saat ini masih dianggap sesuatu yang kurang penting dan kurang dimintai karena pemahaman tentang arsip belum tepat dan tidak dikelola sesuai kaidah kearsipan.

“Oleh sebab itu kita mengadakan bimtek peningkatan kapasitas pengelolaan arsip perangkat daerah ini,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru