Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Hendra Lesmana Ajak Masyarakat Wujudkan Kemandirian Ekonomi Melalui Sektor Perkebunan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 November 2018 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik -  Bupati Lamandau, Hendra Lesmana mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan kemandirian ekonomi khususnya melalui pengelolaan komoditas unggulan seperti halnya sub sektor perkebunan.

Harapan ini isampaikan Hendra Lesmana saat menyampaikan arahan dalam acara kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Sematu Jaya, Kamis (8/11/2018).

Hendra menyebut, mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis sektor unggulan yang salah satunya dengan memaksimalkan pengelolaan sub sektor perkebunan menempati skala prioritas pada visi dan misi kerja Bupati dan Wakil Bupati Lamandau untuk 5 tahun mendatang.

"Perlu bapak dan ibu ketahui, dalam visi misi kerja Pemkab Lamandau untuk lima tahun mendatang itu ada poin tentang 'memperkuat kemandirian ekonomi berbasis sektor unggulan dan kelestarian lingkungan hidup'. Artinya memaksimalkan pengelolaan sub sektor perkebunan tentu saja termasuk sebagai salahsatu bentuk upayanya," katanya.

Hendra juga mengatakan memaksimalkan pengelolaan sub sektor perkebunan menjadi prioritas Karena Kabupaten Lamandau didukung oleh ketersediaan sumber daya lahan dan agroklimat yang sesuai untuk pengembangan komoditi perkebunan, apapun jenis komoditasnya. 

Sebagai contoh dan bukti nyata berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Lamandau saat ini, ada sekitar 11.000 hektar lahan perkebunan kelapa sawit swadaya milik masyarakat yang sudah masuk pada kategori tidak produktif dan siap untuk replanting. 

Pemkab Lamandau menargetkan untuk melakukan realisasi replanting seluas 728,1533 hektare untuk Kecamatan Sematu Jaya dan Kecamatan Menthobi Raya yang merupakan salah satu daerah dengan komoditas unggulannya adalah perkebunan kelapa sawit.

"Target yang dicanangkan itu tentu akan sulit direalisasikan jika tidak ada dukungan penuh dari masyarakat. Artinya, ke depan mari kita bahu membahu untuk mewujudkan dan merealisasikan target replanting tersebut. Jangan sampai lahan yang tidak produktif ini dibiarkan terbengkalai dan tidak menghasilkan nilai ekonomi," katanya. (HENDI NURFALAH/B-6) 

Berita Terbaru