Bupati Lamandau Sarankan Petani Terapkan Pola Tumpangsari di Lahan Replanting

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 November 2018 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana menuarankan para petani yang menjalankan program replanting untuk melakukan pola tumpang sari di lahan yang digarap.

Saran penerapan pola tumpangsari agar petani tetap mendapatkan nilai ekonomi dari komoditi lain yang ditanam sembari menunggu kelapa sawitnya produktif.

"Sembari menunggu kebun sawitnya produktif, saran saya silakan lakukan pola tumpang sari di lahan yang dilakukan replanting ini. Lumayan juga kan, sambil merawat sawitnya panen kita juga dapat keuntungan lain dari jenis tanaman lain yang ditanam," ungkap Hendra Lesmana saat memberi arahan seusai meresmikan program replanting di Desa Purwareja, Kecamatan Sematu Jaya, Kamis (8/11/2018).

Hendra menilai, ada banyak jenis tanaman yang bernilai ekonomis yang dapat ditanam dengan pola tumpang sari di lahan yang ditanami kelapa sawit.

"Misalnya ditanami pisang, singkong atau berbagai jenis tanaman palawija tertentu yang bisa ditumpangsari sebelum tanaman kelapa sawitnya tinggi," kata dia. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru