Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Restorasi Gambut Perlu Dukungan Semua Pihak

  • Oleh James Donny
  • 09 November 2018 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kabupaten Pulang Pisau merupakan wilayah yang memiliki gambut terluas di Kalimantan Tengah. Dengan luasnya kawasan gambut tersebut menurut Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo perlu keterlibatan semua pihak dalam mendukung upaya restorasi yang sudah diprogramkan pemerintah.

"Restorasi dan pemanfaatan lahan gambut ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah daerah saja namun perlu dukungan dari semua pihak, seperti peran serta pihak ketiga, perusahaan ataupun organisasi kemasyarakatan yang mendukung restorasi tersebut," kata Edy, Jumat (9/11/2018).
 
Yang terpenting menurutnya, keterpaduan semua pihak untuk memberikan hasil maksimal dalam restorasi yang dilakukan. Dengan demikian dalam pemanfaatannya akan memberikan hasil yang baik juga. "Jika hanya menunggu pemerintah saja,  pasti akan lambat dan hasilnya tidak maksimal," katanya.

Menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan dalam kegiatan restorasi tersebut bahkan dapat memberikan keuntungan jika dikelola dengan baik.

"Jika pengelolaannya ditata dengan baik, hasil restorasi lahan gambut akan bisa mendatangkan manfaat dan keuntungan, seperti membuka potensi wisata alam dan sebagainya,"  kata Bupati.

 
Terkait hal tersebut, menurutnya, pemerintah daerah mempunyai peran untuk mendorong hal tersebut. "Tren kunjungan bukan lagi ke mall-mall tapi lebih ke alam," pungkasnya. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru