Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pagu Anggaran Disdik Hanya Rp 305 Miliar, Hanya Tersisa Rp 20 Miliar untuk Kegiatan

  • Oleh Naco
  • 10 November 2018 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pagu anggaran yang diterima Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur untuk tahun 2019 sebesar Rp305 miliar, dengan belanja tidak langsung yang mencapai Rp 230 miliar.

Sementara pembayaran TPP sekitar Rp 34 miliar. Dan hanya tersisa Rp 20 miliar. 

"Jadi Rp20 miliar itu saja yang dibagi-bagi untuk pembayaran  guru kontrak dan kegiatan dinas pendidikan lainnya," kata Ketua Komisi III DPRD Kotim, Rimbun, Sabtu (10/11/2018).

Sementara itu, kebutuhan intansi itu sekitar Rp25 miliar. Dan penjelasan Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Nurilla Agustina ada dana transfer sebesar Rp370 miliar lebih.

Namun dana tersebut telah habis untuk beberapa program pembangunan di 2019. Sehingga pihaknya tidak bisa menjanjikan dana transfer berupa DAK, DAU, DD, DBH, dan lainnya tersebut tersisa.

Rimbun menyuarakan, salah satu pemicu habisnya APBD 2019 tersebut yakni tersedot untuk pembiayaan program pembangunan tahun jamak (multiyears), hingga Rp 200 miliar. 

Anggaran itu wajib dialokasikan untuk tiga tahun ke depan. Sementara, dari sisi kebutuhan anggaran sangat besar, dan sisi pendapatan atau dana alokasi dari pemerintah pusat tidak sesuai harapan. 

Berdasarkan dokumen KUA PPAS yang telah ditetapkan, RAPBD 2019 Kabupaten Kotawaringin Timur disepakati sebesar Rp 1,5 triliun. Namun, dana itu masih bisa berpeluang untuk naik, sebab DAK, DAU dan Dana Desa belum sepenuhnya terakumulasi. (NACO/B-11)

Berita Terbaru