Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusahaan Perkebunan di Kotim Kurang Peduli dengan Daerah

  • Oleh Naco
  • 11 November 2018 - 16:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H Rudianur menilai perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah ini kurang peduli dengan daerah.

"Kita bisa lihat dari bantuan perkebunan untuk daerah ini sangat minim sekali. Bahkan program CSR dari sektor perkebunan banyak tidak diketahui. Padahal ada 70 perkebunan di Kotim yang harusnya berkontribusi," kata Rudianur, Minggu (11/11/2018).

Tidak hanya itu saja, CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan perkebunan juga masih minim yang merealisasikan, bahkan pajak bumi dan bangunan (PBB) di sektor perkebunan juga  tidak bisa di andalkan.  

Kata dia jika dihitung angka Rp20 miliar yang diterima selama ini artinya dalam sebulan, setiap kebun hanya menyisihkan Rp25 juta sumbangan ke Pemkab Kotim.

"Apalah artinya uang Rp20 miliar itu, sementara sumber daya dan lahan kita habis, bahkan hutan kita juga habis dibabat," tukasnya.

Dia juga mengkritisi pelaksanaan CSR di setiap perkebuanan. Sebab selama ini bukti dan hasil akhir dari CSR itu minim. Sebab tidak menutup kemungkinan dalam pelaksanaanya ada oknum di lapangan dari Perusahaan itu juga asal-asalan, tanppa mnemperhatikan kualitas dan mutu pelaksananya. 

Menurut dia jangan sampai CSR itu hanya asal saja dilaksanakan karerna terpaksa. Dari itu ia sepakat dengan Gubernur Kalteng yang keras terhadap investor demikian.

Penerimaan daerah dari sektor jumlah itu sangat kecil dan tidak sebanding dengan keuntungan yang diraup perusahaan itu selama beroperasi di daerah ini. (NACO/B-5)

Berita Terbaru