Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Juara Umum Festival Kampung Budaya Universitas Brawijaya Malang

  • Oleh Tim Borneonews
  • 12 November 2018 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Malang- Mahasiswa Kalteng yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pelajar Kalimantan Tengah (HMPKT) Malang Raya mengikuti ajang Kampung Budaya UB yang digelar di Aula Samantha Krida, Universitas Brawijaya Malang pada Minggu (11/11/2018).

“Kampung Budaya merupakan salah satu even kebudayaan terbesar di Kota Malang. Pada ajang itu, HMPKT turut berpartisipasi dengan memperkenalkan kebudayaan Kalimantan Tengah,” ungkap Molyani, ketua pelaksana dari HMPKT Malang Raya untuk acara tersebut.

Even Kampung Budaya kali ini menyuguhkan beberapa kegiatan. Diawali parade kebudayaan dari 39 forum daerah di Nusantara dengan menampilkan kostum adat setiap daerah.

Kemudian, HMPKT Malang Raya menampilkan stan bazar, penampilan panggung tarian daerah, serta maskot asli Kalteng.

“Di stan bazar kita juga menampilkan miniatur rumah adat betang, baju khas dayak, makanan khas, replika tameng, patung sapundu, senjata mandau, babukung, dan kita juga menampilkan kesenian tarian balean dadas yang diiiringi alat musik khas Kalimantan Tengah seperti kecapi dan sapek,” kata Irfan Auliya, ketua umum HMPKT Malang Raya.

Ini merupakan keikutsertaan kedua kali HMPKT Malang Raya pada even Kampung Budaya.

Pada tahun lalu, HMPKT Malang Raya berhasil menyabet juara I kategori penampilan terbaik se-Nusantara. Dan pada tahun ini, HMPKT Malang Raya menyabet tiga piala sekaligus, yakni juara I penampilan terbaik se-Nusantara, juara I fashion show baju adat se-Nusantara, dan juara umum Festival Kampung Budaya.

Irfan Auliya berharap, even tersebut bisa memotivasi mahasiswa Kalteng untuk memperkenalkan ciri khas budaya Bumi Tambun Bungai sebagai identitas daerah.

"Harapannya kebudayaan Kalimantan Tengah dapat lebih dikenal masyarakat luas dan setelah ini kita akan kembali memperkenalkan kebudayaan-kebudayaan Kalimantan Tengah dalam kegiatan lainnya,” ucap Irfan Auliya. (RO/B-3)

Berita Terbaru