Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta Lulus SKD CPNS Lamandau Diminta Panitia Jadi Motivator Dadakan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 November 2018 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Hal unik terlihat di area Gedung CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lamandau, tepatnya di ruang tunggu yang ditempati peserta yang akan mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lamandau berbasis Computer Assisted Test (CAT) Senin (12/11/2018). 

Peserta yang dinyatakan lulus passing grade secara spontan diminta panitia turut terlibat menyemangati teman-temannya yang masih menunggu giliran masuk ruang ujian. 

"Mbak dan mas-nya bisa minta tolong ke sini dulu untuk menyemangati dan memotivasi teman-temannya yang belum tes, ya... sekadar sharing dan berbagi trik dalam menjawab soal ujian, silahkan...," pinta Kamini Antus, seorang panitia penyelenggara SKD CPNS Lamandau kepada Rendianto dan Merlyn Septiana Panggabean, kala itu. 

Rendianto dan Merlyn Septiana Panggabean adalah dua peserta yang lulus passing grade SKD CPNS di sesi II hari ketiga, yang saat itu baru keluar dari ruang ujian.

Merespon permintaan itu, keduanya lantas berdiri di depan puluhan peserta yang ada di ruang tunggu. Mereka pun lantas bercerita pengalaman serta beberapa trik saat menjawab soal ujian. 

"Kalau saya sendiri sih, pertama-tama tentu berdoa, karena ujian atau tes ini bawaannya kan panik, grogi campur aduk. Nah, jadi yang pertama itu berdoa agar kita tenang dulu," ungkap Merlyn Septiana Panggabean.

Untuk menjawab sol ujian, kata Merlyn, tidak ada trik atau kiat khusus yang dilakukan. "Saya sendiri sih tidak ada trik khusus, hanya saja ketika sudah yakin dengan jawaban yang saya pilih, saya yakin saja jawaban itu yang benar. Sehingga tidak diubah-ubah lagi. Itu aja sih," kata Merlyn yang kala itu terlihat masih sumringah. 

Hal senada juga disampaikan Rendianto. Peserta yang lulus passing grade SKD CPNS dengan formasi jabatan Auditor Ahli Pratama Inspektorat Lamandau itu, juga mengaku tidak ada trik khusus.

"Secara umum sama saja dengan peserta yang lain, harus tenang, itu yang terpenting. Untuk menyelesaikan soal ujianpun saya lebih memilih tidak terpaku dengan soal ujian yang saya anggap lebih sulit, selesaikan dulu soal lainnya terlebih dulu kemudian baru mengerjakan soal yang saya anggap sulit, gunanya untuk 'me-manage' waktu agar tidak terbuang sia-sia," bebernya.

Selebihnya, Rendianto berharap agar peserta tetap semangat. "Jangan fikirkan dulu hasilnya, maksimalkan saja waktu saat ujian di dalam (ruangan). Semoga  berjalan lancar dan hasilnya bagus," harap dia dibalas sautan Amin dari peserta, kala itu. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru