Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dari 2.931 Peserta Tes CPNS, Lulus TKD Hanya 82 Orang Saja

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 November 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Berakhir sudah tes kompetensi dasar (TKD) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Dari 2.931 peserta yanh ikut tes calon pegawai negeri sipil (CPNS), hanya 82 orang saja yang berhasil lulus dan maju ke tahap tes selanjutnya.

"Hanya 82 oranh yang lulus TKD, sedangkan sisanya tidak memenuhi ambang batar yang sudah ditentukan," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotim Alang Arianto, Senin (12/11/2018).

Dari total keseluruhan pesrta tes CPNS tersebut, yang hadir mengikuti TKD sebanyak 2.866 orang, sedangkan yang tidak hadir atau mengikuti tes yakni 65 orang. Hal itu terjadi karena ada yang memang tidak hadir, dan ada juga yang terlambat. Sehingga mereka dengan terpaksa dianggap tidak lulus.

Sementara, banyaknya peserta tidak lulus tersebut tidak diketahui persis penyebabnya. Namun kemungkinan besar akibat kurangnya persiapan dari peserta itu sendiri dan juga tidak ada keseriusan mengikuti tes CPNS.

"Kemungkinan mereka tidak mempersiapkan diri dengan baik. Sehingga tidak bisa menjawab soal tes dengan baik. Hingga tidak lolos passing grade," ungkap Alang.

Dengan adanya hal itu, secara otomatis ratusan formasi yang disiapkan untuk dua bidang yakni kesehatan dan pendidikan dipastikan kosong. Karena hanya 82 orang saja yang berhasil lulus.

Di Kotim sendiri ada 602 formasi yang diberikan oleh pemerintah pusat. Yakni untuk bidang pendidikan sebanyak 325 orang, dan kesehatan sebanyak 275 orang, dan K2 dua orang. (MUHAMMAD HAMIM/m) 

Berita Terbaru