Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Desa Harus Dimanfaatkan untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

  • Oleh Naco
  • 12 November 2018 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Ary Dewar mendorong agar pemanfaatan dana desa mengarah kepada peningkatan ekonomi masyarakat. 

Salah satunya, pemanfaatan dana desa dengan pembangunan ekonomi desa. Agar desa yang mendapat kucuran DD, bisa semakin maju.

"Saat ini masyarakat semakin sulit, ekonomi kita terpuruk, Makanya dana desa harus dimanfaatkan dengan baik,“ kata Ary, Senin (12/11/2018).

Ary mengatakan pemerintah memberikan kewenangan mutlak kepada pemerintah desa dalam menggunakan DD. 

Sehingga, kebijakan tersebut bisa digunakan semaksimal mungkin. Supaya jangan sampai dana desa besar tetapi belum membawa perubahan kepada kehidupan masyarakat desa.

Apalagi di tengah kondisi ekonomi saat ini serba sulit. Diperlukan program melalui dana desa itu untuk meringankan dan membantu masyarakat.

Dia menambahkan, kebebasan penggunaan dana tersebut diserahkan kepada musyawarah desa dan dilaksanakan kades. Pelaksanaan sesuai dengan aspirasi masyarakat desa, dan bukan hanya keinginan sepihak perangkat desa. 

Terlebih untuk mendapatkan keuntungan baik secara pribadi maupun kelompok tertentu. Dana desa harus dikelola secara mandiri, transparan dan akuntabel. (NACO/B-11)

Berita Terbaru