Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyebab Jembatan di Timpah Ambruk Diduga karena Fenomena Alam

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 November 2018 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas, Teras mengatakan faktor fenomena alam diduga menjadi penyebab ambruknya jembatan di Desa Danau Pantau Kecamatan Timpah, yang mengakibatkan jalur tersebut terputus

"Faktor air yang begitu deras dan ada fenomena alam yang luar biasa di sana, tidak seperti tahun-tahun lalu. Itu yang perlu dikaji darimana asal usul airnya begitu dahsyat dan meningkat drastis yang kita tidak prediksi sebelumnya," ungkap Teras, Senin (12/11/2018).

Menurut dia, entah kenapa ada fenomena alam yang berubah tersebut. Fenomena itu ia ketahui saat mengecek ke lapangan. Arus sungai kencang.

"Berdasarkan informasi masyarakat di sana, mungkin di Sungai Muroi terjadi luapan air sehingga pertemuan anak sungai pantau dan anak sungai Muroi bertemu dan arusnya menyeberang ke Sungai Kapuas, itu yang kami ketahui dari kondisi lapangan," ucapnya.

Sehingga lanjut ia, jembatan atau box culvert sejatinya disitu ada box beton yang dibangun tahun 2008 tergerus dan terjadi kerusakan di sisi opritnya karena derasnya arus tersebut hingga akhirnya ambruk.

"Karena sungainya ada perubahan atau pola debit air yang begitu menanjak signifikan tidak seperti biasanya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru