Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gaji Guru Kontrak Harus Diprioritaskan

  • Oleh Naco
  • 14 November 2018 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringun Timur, HM Jhon Krisli  meminta agar gaji guru kontrak diprioritaskan dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2019 apalagi itu hanya 6 bulan saja yang belum teranggarkan.

"Saya minta agar pembayaran gaji guru kontrak merupakan kewajiban utama dan urusan dasar yang mestinya dipenuhi pemerintah daerah," kata Jhon, Rabu (14/11/2018).

Guru kontrak SD maupun SMP kata dia tergantung dengan gaji itu. Meski begitu, Jhon menilai ruang gerak penganggaran di APBD 2019 ini sangat kecil. Padahal banyak program yang mestinya dibiayai APBD Kotim. Akan tetapi tidak terdanai lantaran  anggaran dari sektor pendapatan masih belum ideal. 

"Besaran belanja dan pendapatan  belum sebanding. Jikapun pemerintah menaikan angka defisit sudah tidak mungkin, lantaran   defisit RAPBD ini sudah hampir menyentuh ambang batas ketentuan, yakni 4 persen," tegasnya.

Jhon mengakui bahwa pembahasan akhir RAPBD Kotim harus ditunda, pasalnya saat ini tengah berproses pembahasan revisi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah. 

Perda itu mesti direvisi dalam waktu singkat guna memberikan ruang penganggaran untuk Akademi Keperawaratan (Akper)  Pemkab Kotim.(NACO/B-5

Berita Terbaru