Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kegiatan Temu Akbar 1.000 UMKM se-Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 November 2018 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka akan diselenggarakan kegiatan Temu Akbar 1.000 UMKM yang bertempat di Kalawa Convention Hall Palangka Raya pada 17 November 2018 ini, banyak kegiatan yang dijadwalkan panitia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng, Wuryanto saat menggelar jumpa pers, Rabu (14/11/2018) mengatakan, dalam serangakaian kegiatan Temu Akbar 1.000 usaha mikro kecil menengah (UMKM) nantinya terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan. Pertama adalah penandatangan surat perjanjian kredit/pembiyaan oleh perbankan kepada 100 pelaku usaha UMKM terpilih.

"Penandatangan ini sebagai upaya dalam mengatasi salah satu permasalahan yang dihadapi UMKM yaitu masalah permodalan," jelasnya.

Kedua, lanjut Wuryanto, penyerahan simbolis kegiatan strategis Kementerian Koperasi dan UKM, di antaranya penyerahan sertifikat hak cipta, merk dan halal, penyerahan sertifikat IUMK, penyerahan simbolis bantuan kepada wirausaha pemula dan penyematan tanda peserta pelatihan dan bimbingan teknis.

"Kegiatan ketiga adalah acara talkshow dengan tema Arah Kebijakan Pengembangan UMKM dengan narasumber dari Kementerian Koperasidan UKM RI, Bank Indonesia, OJK, Anggota DPR RI Komisi VI dan ketua umum AKUMANDIRI yang akan di moderatori oleh Bapak Heri Triatno (pimpinan redaksi Bisnis Indonesia)," beber Wuryanto lagi.

Keempat, terdapat acara sharing session success story UMKM dengan narasumber Sdri. Siti Ruqoyah (tenun ikat medali mas) peraih beberapa penghargaan tingkat nasional dan provinsi Jawa Timur dan Kustanto (coconut charcoal) yang merupakan pelaku UMKM yang telah sukses melakukan ekspor dan merupakan ketua DPP Komunitas Eksportir Muda Indonesia (KEMI).

"Kegiatan sharing session ini akan di moderatori oleh Dita yang merupakan anchor news TV One. Selain serangkaian kegiatan Temu Akbar 1000 UMKM di atas, juga dilakukan penyusunan database UMKM se-Provinsi Kalimantan Tengah," pungkasnya.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan kerja sama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah, pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Koperasi dan UKM, perbankan dan Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMANDIRI). (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru