Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2019

  • Oleh Ramadani
  • 15 November 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – DPRD Barito Utara melaksanakan rapat paripurna pidato Bupati Barito Utara dalam rangka penyampaian nota keuangan RAPBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2019, Kamis (15/11/2018). Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Barito Utara, Jr Merry Rukaini didamingi wakil ketua II, H Acep Tion SH. 

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam pidatonya yang disampaikan Sekda H Jainal Abidin mengatakan, penyampaian nota ini merupakan agenda tahunan sebagai manifestasi dari siklus anggaran yang memiliki nilai strategis bagi kelangsungan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah ini.

“Pemerintah Kabupaten Barito Utara melaksanakan penganggaran yang berbasis kinerja sesuai Permendagri No 13/2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah sebagaimana telah diubah untuk kedua kalinya dengan peraturan Mendagri No 21/2011,” kata Sekda H Jainal Abidin.

Sehingga jelasnya, penyusunan RAPBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2019 ditempuh melalui tahapan seperti penjaringan aspirasi masyarakat dari tingkat desa, kelurahan hingga kabupaten (Musrenbang Kabupaten).

Kemudian dari hasil musrenbang kabupaten disusunlah rencana kerja daerah (RKPD) menjadi dokumen RKPD sebagai instrumen perencanaan daerah dalam lima tahun. Selanjutnya penyusunan kebijakan umum anggaran (KUA), penetapan PPAS, penyusunan RKA perangkat daerah.

“Setelah itu pengajuan RAPBD kepada DPRD Barito Utara untuk dibahas hingga dapat disetujui bersama dan tahap akhir adalah RAPBD yang telah disetujui DPRD tersebut diajukan kepada Gubernur Kalteng untuk dievaluasi,” kata Sekda Jainal Abidin. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru