Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Evaluasi Kinerja Tenaga Kontrak di Kapuas Harus Selektif

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 November 2018 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Komisi IV DPRD Kapuas, Lawin menanggapi rencana Pemkab Kapuas yang akan mengevaluasi kinerja tenaga kontrak (tekon) khususnya di bidang teknis. Terkait itu, dia berharap pelaksanaannya dapat berjalan selektif.

"Kita berharap tetap pada jumlah penetapan pengangkatan yang ada, supaya tenaga kontrak tidak dilakukan pemangkasan. Hanya saja evaluasi kinejranya. Misalnya ada salah satu tekon yang kinerja tidak baik, itu yang diganti dengan yang lebih produktif," kata Lawin, Kamis (15/11/2018).

Dia menambahkan, tidak harus mengurangi atau menambah jumlah tenaga kontrak, melainkan hanya pemangkasan dengan mengevaluasi kinerja, dan tetap berpegangan pada pagu belanja yang ada. 

Nantinya, DPRD juga akan membentuk tim kerja ke lapangan mengevaluasi kinerja, kalau memang ada yang kinerjanya tidak baik disarankan diganti dengan yang lebih produktif atau berkompeten sesuai aturan. 

Tetapi, dia menilai pemangkasan tenaga kontra berdasarkan asas kinerja tidak ada salahnya. Tapi kalau terkait masalah pendidikan dan kesehatan yang menjadi faktor, maka disarankan tidak perlu pemangkasan.

"Yang mungkin bisa dievaluasi teknisnya saja. Harus dilihat kinerja yang bersangkutan, intinya harus selektif," kata dia. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru