Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Depan Semua Puskesmas di Pulang Pisau Diakreditasi

  • Oleh James Donny
  • 15 November 2018 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Tahun depan semua Puskesmas di Kabupaten Pulang Pisau akan diakreditasi.

"Kita inginkan Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau benar-benar bisa melayani masyarakat dengan baik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo, Kamis (15/11/2018).

Menurutnya, Puskesmas yang telah mendapatkan akreditasi tentu tingkatannya lebih baik daripada yang belum terakreditasi. "Akreditasi sebagai satu syarat untuk menjamin mutu pelayanan, kepuasan pengunjung dan kinerja petugas puskesmas," terangnya.

Dengan adanya akreditasi, Puskesmas memiliki dokumen yang jelas terkait dengan upaya kesehatan masyarakat termasuk pelayanan klinis dan manajemen.

Puskesmas, kata dia, memerlukan dokumen untuk melakukan aktivitas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Dukungan peralatan dan tenaga medis juga harus disiapkan dengan baik sehingga pelayanan kepada masyarakat maksimal. "Kalau sudah akreditasi mutunya pasti baik,"  terangnya.

Tahun ini, kata dia, ada sebanyak empat puskesmas yang diakreditasi di Kabupaten Pulang Pisau. "Tahun lalu ada dua puskesmas,  tahun ini ada empat, tahun depan semuanya diakreditasi," pungkas Muliyanto. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru