Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah Dua Hari Desa Baruang Terendam Banjir

  • Oleh Uriutu
  • 16 November 2018 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kurang lebih dua hari Desa Baruang Kecamatan Gunung Bitang Awai (GBA) terendam banjir.

Kepala Desa Baruang, Heri Kuswoyo mengatakan, banjir ini karena Sungai Ayuh meluap akibat intensitas hujan tinggi dalam sepekan terakhir.

“Beberapa hari terakhir hujan selalu turun menyebabkan sungai Ayuh meluap. Akibatnya belasan rumah, kebun dan ladang warga terendam banjir,” kata Heri Kuswoyo kepada Borneonews, Jumat (16/11/2018).

Ia mengatakan, ketinggian air yang merendam desanya tersebut mencapai kurang lebih sebatas dada orang dewasa. Sampai siang ini debit air terus naik.

Akibatnya, lanjut dia, warga pun tidak bisa bekerja seperti hari-hari biasa. Karena warganya, rata-rata petani karet dan berladang.

Pasalnya, selain rumah, kebun karet dan ladang warga juga terendam banjir. “Musibah ini sudah kita laporkan ke Camat Gunung Bintang Awai dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” ucap dia.

Ia berharap, agar pemerintah daerah melalui instansi terkait bisa membantu warga yang mengalami musibah banjir dengan secepatnya.
Warga membutuhkan bantuan, mengingat selama beberapa hari ini warga tidak bisa bekerja.

“Saya juga berharap agar air yang merendam rumah warga ini cepat surut. Sehingga warga bisa bekerja kembali seperti biasanya,” harap dia.

Sementara itu, Camat Gunung Bintang Awai Hidayat membenarkan adanya laporan dari para kades bahwa di Desa Baruang mengalami banjir.
"Kita akan segera melaporkan kepada pemerintah maupun instansi terkait agar Desa Baruang bisa ditanggulangi," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru