Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dalam 2 Bulan 6 Orang Meninggal Karena DBD di Palangka Raya

  • 16 November 2018 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) sudah meningkat signifikan. Peningkatan tersebut berdasar pada jumlah pasien yang menjalani perawatan di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya yang mencapai ratusan pasien.

Dari data yang diperoleh dari RSUD Doris Sylvanus sudah 6 warga yang dinyatakan meninggal akibat DBD. Para pasien yang meninggal tersebut berasal dari daerah Palangka Raya juga dari luar daerah Palangka Raya.

"Pasien yang meninggal pada Oktober sebanyak 3 pasien, sedangkan November 3 pasien, untuk bulan November ini, 2 pasien berasal dari luar daerah, dan 1 pasien lagi berasal dari Palangka Raya," kata Wakil Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, dr Theodorus Sapta Atmadja, Jumat (16/11/2018).

Theo menjelaskan banyak faktor yang bisa membuat pasien BDB tersebut sulit tertolong hingga meninggal dunia.  Di antaranya adalah keterlambatan pasien dalam menerima pertolongan medis.

"Banyak faktor yang bisa menyebabkan pasien tersebut meninggal dunia. Bisa karena komplikasi penyakit sebelum terkena DBD, atau keterlambatan penanganan, terlebih pasien-pasien yang berasal dari luar Palangka Raya," jelasnya.

Theo juga berharap adanya bantuan serta kesadaran masyarakat untuk berkerja sama agar penderita penyakit DBD ini dapat segera menurun.

"Pemerintah dan masyarakat bahu membahu untuk menjaga lingkungan. Mudah-mudahan dengan begitu penderita penyakit DBD di RSUD Doris ini makin menurun," tambah. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru