Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Hadiri Sosialiasi dan Penandatangan APIP dan APH

  • Oleh Ramadani
  • 16 November 2018 - 18:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menghadiri acara sosialisasi dan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait penanganan laporan atau pengaduan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten/kota di Kota Palangka Raya, Jumat (16/11/2018)

Kegiatan sosialisasi dan penandatangan PKS antara APIP dan APH dibuka Gubernur kalimantan Tengah, Sugainto Sabran dan dihadiri oleh Kapolda Kalimantan Tengah, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Tengah, bupati/walikota, Kepala Kejaksaan Negeri, Kapolres, Inspektur e-Kalimantan Tengah dan undangan lainnya.

Didalam kegiatan tersebut juga langsung diselenggarakan penandatangan bersama PKS APIP - APH oleh Gubernur, Kejati, Kapolda Provinsi Kalimantan Tengah dan Bupati/Walikota, Kejari dan Kapolres kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Yang mana dari keputusan penandatangan tersebut, semua pengaduan masyarakat akan terlebih dahulu ditangani oleh APIP dan apabila ada unsur pidana akan ditangani oleh APH.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menjelaskan bahwa rapat PKS APIP - APH adalah merupakan kerja sama penanganan bersama apabila adanya pengaduan masyarakat dengan tidak mengurangi kewenangan masing-masing. Yang bersifat administrasi ditangani oleh APIP dan apabila ada unsur pidananya akan diserahkan ke APH. 

"Kita memberikan apresisasi kepada Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah dengan terselenggaranya kegiatan ini," ucap Nadalsyah. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru