Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemitraan Plasma Wujud Nyata Kepedulian Perusahaan

  • Oleh Naco
  • 17 November 2018 - 11:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H Rudianur menegaskan kemitraan plasma yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk wujud nyata kepedulian kepada masyarakat.

"Karena kewajiban perusahaan itu tidak hanya merealisasikan CSR semata namun plasma juga hal yang mutlak dan harus dilakukan," kata Rudianur, Sabtu (17/11/2018).

Akibat terabaikan kewajiban plasma itu selama ini kata Rudianur membuat masalah makin rumit, apalagi sudah menyangkut hajat hidup masyarakat sehingga rawan memicu konflik.   

Dia  mencontohkan, masih ada perusahaan belum melaksanakan kewajiban membangun plasma sawit untuk masyarakat. Padahal, terjalinnya kemitraan dengan masyarakat yang salah satunya diwujudkan dengan membangun kebun plasma.

"Ini menjadi syarat mutlak bagi perusahaan untuk mendapatkan izin dari pemerintah. Namun anehnya, kewajiban itu belum dilaksanakan, tapi pemerintah justru telah mengeluarkan izin," tegasnya.    

Melihat banyaknya masalah seperti ini, wajar masyarakat menuntut kepada perusahaan perkebunan. Pemerintah harus tegas menyikapi masalah ini agar bisa diselesaikan.

Pemerintah berhak memberi sanksi, mulai peringatan tertulis, penghentian usaha, pembekuan izin bahkan pencabutan izin. Sehingga ini jangan dibiarkan berlarut-larut karena bisa menjadi bom waktu yang mungkin akan memicu masalah lebih besar. (NACO/B-5)

Berita Terbaru