Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Desa Kembangkan BUMDes

  • Oleh Naco
  • 17 November 2018 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H Ary Dewar mendorong agar pemerintah desa memiliki usaha sendiri berupa BUMDes. 

"Misal berupa penampung karet, penampung rotan dan hasil kelapa sawit. BUMDes (badan usaha milik desa) ini punya manfaat besar untuk warga di desa,' kata Ary, Sabtu (17/11/2018).

Selain itu warga juga mendapatkan harga yang pantas dari hasil usahanya dan pemerintah desa juga ada keuntungan, makanya penekanan mereka di  desa mesti memiliki BUMDes sebagai sumber pendapatan dan  kesejahteraan warganya.

Menurut Ary selama ini masih sedikit desa yang melaksanakan BUMDes. Bahkan sebagain desa tampak kesulitan mencari sektor apa yang bisa dikembangkan untuk BUMDes.

"Padahal kalau desa itu kreatif banyak saja yang bisa dikembangkan melakui BUMDes itu. Salah satunya menerima hasil kebun warganya," tegas Ary.

BUMDes kata dia akan sulit berkembang manakala pemerintah desa tidak memikirkannya. Apalagi sejak 2015 lalu keuangan desa sudah sangat besar sangat sayang jika tidak dimanfaatkan untuk BUMDes.

"Jangan terlena selalu menerima uang besar tapi bagaimana desa itu punya pendapatan asli desa sendiri," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru