Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya 60 Peserta Lolos SKD CPNS Kotawaringin Barat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 November 2018 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dari 1441 pelamar yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bersaing mengisi 232 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kotawaringin Barat (Kobar), ternyata hanya 60 pelamar yang berhasil lolos tes yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Terkait hasil tersebut Bupati Kobar Nurhidayah, Sabtu (17/11/2018) mengatakan, saat ia bersama 14 Bupati/Walikota se - Kalteng mengadakan pembicaraan informal di Palangka Raya dengan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Rencananya pimpinan daerah se-Kalteng bakal mengirimkan surat kepada Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara (KemenPAN) terkait banyaknya peserta CPNS yang tidak lolos seleksi tersebut.

"Kondisi ini bukan hanya terjadi di Kabupaten Kobar saja, namun  juga terjadi di Kabupaten/Kota se-Kalteng dan berbagai daerah lain di Indonesia," jelas Bupati.

Nantinya, lanjut Bupati, Gubernur dan seluruh Bupati/Walikota se- Kalteng dalam surat yang disampaikan tersebut meminta agar pihak KemenPAN bisa melakukan evaluasi terkait banyaknya peserta yang tidak lolos tes tersebut.

"Terutama dalam persentase warga lokal  yang diterima dalam proses pemeriman CPNS," jelas Bupati.

Saat ditanyakan apakan ada rencana untuk menyampaiakan dilakukannya tes ulang lantaran banyaknya peserta tidak lolos tahapan SKD, Bupati mengatakan hal tersebut kemungkinan memerlukan waktu untuk memprosesnya.

"Namun bila nantinya pihak KemenPAN memutuskan adanya tes ulang dalam pelaksanaaan tes ini tentunyahal tersebut akan kita sambut dengan suka cita. Artinya masih ada kesempatan lagi untuk dilakukan tes dengan harapan seluruh formasi yang tersedia bisa terisi," jelas Bupati. (WAHYU/B-5)

Berita Terbaru