Kalteng Bebas Rentenir di 2019

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 17 November 2018 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyaknya rentenir yang menyebabkan pada kerugian pengusaha kecil rupanya membuat Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran geram.

Saat pembukaan Temu Akbar 1000 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Palangka Raya, Sugianto Sabran memerintahkan Sekertaris Daerah (Sekda) Kalteng memberantas rentenir di Kalteng.

"Sebagai dapurnya Gubernur, saya perintahkan Sekda Kalteng untuk tahun 2019, paling lambat tahun 2020 Kalteng ini sudah bebas dari pelaku rentenir," ujarnya, Sabtu (17/11/2018).

"Rentenir ini cuma membuat masyarakat kecil semakin sengsara, mereka rela menghisap darah saudara sendiri dengan menawarkan pinjaman uang namun dengan bunga yang sangat besar," lanjutnya.

Untuk itu, Sugianto mengimbau kepada masyarakat jika memang ingin mengembangkan usaha, tidak perlu meminjam uang kepada rentenir dan cukup mengadukan kepada Gubernur.

Sugainto berjanji, selama kepemimpinannya akan memperjuangkan UMKM masyarakat Kalteng agar bisa bangkit dan menembus pasar internasional.

"Asal memang untuk mengembangkan usaha, saya siap membantu," imbuhnya. (GAZALI/B-5)

Berita Terbaru