Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiwah, Ritual Dayak Terus Dilestarikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 November 2018 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Untuk pertama kalinya, pelaksanaan ritual Tiwah Massal dilaksanakan langsung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini merupakan upaya terus melestarikan Upacara Tiwah yang merupakan ritual adat Dayak.

"Ini kali pertama Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Disbudpar, bekerja sama dengan Majelis Besar Hindu Kaharingan (MBHK) Kalteng melaksanakan secara langsung Ritual Massal. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah daerah begitu serius untuk melesatraikan nilai-nilai peradaban yang merupakan warisan leluhur masyarakat Dayak," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan kepada borneonews, Minggu (18/11/2018).

Bahkan menurut Guntur, kemarin Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran datang langsung ke tempat prosesi pelaksanaan ritual Tiwah untuk melihat langsung.

"Terlebih ritual Tiwah saat ini merupakan salah satu dari upacara ritual yang ada di nusantara, yang diharapkan dapat terus dijaga keberlangsungannya serta harus dipertahankan secara turun temurun dalam setiap generasi masyarakat Dayak itu sendiri. Maka kita bangga dapat melaksanakan ritual ini secara massal," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru