Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Puluh Arwah Diikutkan dalam Tiwah Massal Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 November 2018 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tiwah Massal diinisiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya. Dalam kegiatan itu, dilakukan upacara tiwah untuk 30 arwah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kota Palangka Raya, Parada Lewis KDR, Minggu (18/11/2018).

"Sebanyak 16 kepala keluarga yang ikut serta dalam ritual yang bertujuan mengantar roh-roh atau arwah yang sudah meninggal ke Lewu Tatau ini. Dari 16 kepala keluarga tersebut, ada 30 almarhum yang akan ditiwahkan," kata Parada.

Menurut Parada, ritual keagamaan Hindu Kaharingan ini akan berlangsung cukup lama, yakni satu setengah bulan. Tepatya, akan berakhir pada 22 Desember mendatang.

"Jadi, 30 almarhum yang ditiwahkan ini dari 16 kepala keluarga. Tiwah ini merupakan upacara rukun kematian tingkat terakhir untuk agama Hindu Kaharingan, yang artinya sebuah kewajiban," katanya lagi.

Tahapan tiwah sendiri menurutnya sudah dimulai sejak 2 November kemarin, diawali dengan pendirian balai yang dilanjutkan dengan baramu atau menyediakan perlengkapan tiwah.

"Setelah semua tahapan tersebut dilaksanakan, dilanjutkan lagi dengan muluh gandang atau di mana pertama kali gong dan gendang dibunyikan di pusat pelaksanaan tiwah," jelas Parada. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru