Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Pelaksanaan Ritual Tiwah bagi Umat Hindu Kaharingan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 November 2018 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Majelis Besar Hindu Kaharingan (MBHK) Kota Palangka Raya,  Parada Lewis KDR mengatakan ritual Tiwah bertujuan sebagai ritual untuk meluruskan perjalanan roh atau arwah roh orang yang sudah meninggal menuju Lewu Tatau (Surga).

"Hal ini merupakan kepercayaan umat Hindu Kaharingan untuk meluruskan perjalanan arwah orang yang sudah meninggal sehingga bisa hidup tentram dan damai di alam Sang Kuasa," kata Parada, Senin (19/11/2018).

Sebelumnya Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pada pembukaan ritual Tiwah massal tahun 2018, di Komplek Balai Hindu Kaharingan Jalan Tambun Bungai, nomor 5 Palangka Raya, Sabtu (17/11/2018) mengatakan bahwa harus diakui, ritual Tiwah bagi masyarakat Dayak Kalimantan Tengah telah menjadi dasar tanggung jawab.

"Untuk masyarakat Kalteng, terutama umat Hindu Kaharingan, ritual Tiwah adalah sebuah tanggung jawab yang harus diaktualisasikan sebagai perwujudan cinta kasih dan penghargaan yang tinggi terhadap nilai-nilai kehidupan," kata Fahrizal.

Terlebih masyarakat Dayak utamanya umat Kaharingan, bahwa kehidupan itu harus dikembalikan kepada sang pencipta. Nilai norma inilah menurut Fahrizal yang mendasari terselenggaranya upacara Tiwah yang melahirkan nilai, norma, hukum dan aturan kemasyarakatan. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru