Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

31 Desa di Lamandau Masuk Zona Rawan Banjir 

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 November 2018 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lamandau mengungkapkan bahwa sedikitnya 31 desa di kabupaten Lamandau masuk zona rawan bencana banjir. 

"Berdasarkan pemetaan yang kita (BPBD) lakukan, ada 31 desa di Lamandau ini masuk pada zona daerah rawan bencana banjir," ungkap Kepala BPBD Lamandau Tiryan Kuderon, Senin (19/11/2018).

Deron menyebut, 31 desa rawan banjir tersebut tersebar di berbagai kecamatan, dan merupakan daerah-daerah yang berdekatan atau bahkan dilintasi sungai-sungai yang ada di kabupaten Lamandau. 

"Desa-desa itu berada di enam kecamatan yakni di kecamatan Bulik, Bulik Timur, Delang, Lamandau, Belantikan Raya dan Kecamatan Menthobi Raya," katanya. 

Menyikapi hal itu, Deron juga meminta agar masyarakat khususnya yang tinggal di desa-desa tersebut untuk tetap waspada, utamanya saat terjadi hujan deras atau terjadi hujan di daerah hulu sungai.

Pasalnya, sebut Deron, banjir justru kerap terjadi jika daerah hulu sungai diguyur hujan dengan intensitas tinggi sehingga debet air sungai meningkat dan bahkan meluap. (HENDI NURFALAH/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru