Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah DBD, Dinkes Barsel Minta Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

  • Oleh Uriutu
  • 19 November 2018 - 18:22 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Untuk mengantisipasi penyakit demam berdarah pada musim penghujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan meminta kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. 

Kepala Dinkes Barsel, Djulita K Palar mengatakan saat ini intensitas curah hujan cukup tinggi dan mengakibatkan genangan air di permukiman warga. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit salah satunya demam berdarah.

Menurutnya, penanggulangan penyebaran demam berdarah, tidak cukup hanya dengan pengasapan tapi juga harus melibatkan peran serta masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

“Untuk mengantisipasi penyakit demam berdarah salah satunya dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,” kata Djulita, Senin (19/11/2018). 

Ia menambahkan, cuaca musim hujan seperti sekarang ini dapat memicu percepatan penyebaran virus demam berdarah melalui jentik yang berkembang lewat banyaknya genangan air dipemukiman rumah warga yang padat penduduk.

Jika tidak diantisipasi sedini mungkin tidak mustahil akan adanya wabah penyakit demam berdarah yang akan bermunculan.

“Untuk sekali lagi kita meminta kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan serta didalam rumahnya,” ucap dia. 

Ia menambahkan, pihaknya juga akan memberikan penyuluhan kepada warga dengan membentuk tim Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). 

“Tim yang sudah dibentuk inilah yang sudah bergerak untuk mengantisipasi banyaknya sarang nyamuk yang berkembang terlebih di musim hujan ini,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru