Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Penderita DBD di RSUD Doris Sylvanus Berasal dari 5 Kabupaten

  • 20 November 2018 - 12:28 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 163 pasien yang masuk ke RSUD dr Doris Sylvanus dalam 2 bulan terakhir berasal dari beberapa Kabupaten yang terdekat dengan RSUD Doris Sylvanus. Total ada sekitar 5 Kabupaten/Kota yang merujuk pasiennya ke RSUD Doris Sylvanus.

"RS Doris ini merupakan RS rujukan provinsi. Jadi kami menerima semua rujukan dari tiap kabupaten untuk dirawat di RS Doris ini," kata Wakil Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, dr Theodorus Sapta Atmadja, Selasa (20/11/2018).

Theo mengatakan, kelima Kabupaten/Kota yang merujuk pasiennya ke RSUD Doris Sylvanus di antaranya, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Katingan, Kabupaten Gunung Mas, dan Kota Palangka Raya.

Theo juga menegaskan, pihak RSUD Doris Sylvanus tidak bisa menyatakan bahwa kejadian kasus DBD yang sedang marak terjadi merupakan sebuah kejadian luar biasa (KLB). Karena data yang digunakan hanya data pasien yang berobat ke RSUD Doris Sylvanus.

"Masalah KLB atau bukan, itu bukan urusan kami, pihak RS Doris. Karena data yang kami pakai hanya data RS Doris saja. Sedangkan data dari Puskesmas, atau Rumah Sakit yang lain kami tidak punya. Jadi penentu ini KLB atau bukan itu sepenuhnya kewenangan Dinas Kesehatan (Dinkes)," jelas Theo.

Sejauh ini, total 163 pasien dari tiap Kabupaten/Kota yang merujuk ke RS Doris, ada 133 pasien menjalani rawat inap, sedangkan 30 pasien sisanya menjalani rawat jalan. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru