Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Fraksi DPRD Barito Selatan Menerima Raperda APBD 2019 dengan Catatan

  • Oleh Uriutu
  • 21 November 2018 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dua fraksi pendukung DPRD Barito Selatan menerima Raperda APBD APBD 2019 dengan catatan. Kedua fraksi ini yakni PDIP dan fraksi pembangunan kesejahteraan.

"Secara garis besar kita menerima Raperda APBD 2019. Namun ada catatan terkait dengan larangan membakar hutan untuk ladang oleh pemerintah khususnya untuk kepolisian,” kata Franklein Meidalano saat membacakan tanggapan fraksi pada rapat paripurna XIV masa sidang III, Rabu (21/11/2018).

Untuk itu pihaknya menyarakan agar Pemerintah Barsel mencari solusi khusunya untuk Kecamatan Dusun Utara dan Gunung Bintang Awai (GBA). Karena satu-satunya harapan masyarakat hanya berladang.

Pihaknya menyarankan agar pemerintah bisa mencetak sawah baru karena lokasi untuk itu banyak.

“Karena pada saat ini belum ada tanda-tanda solusi dari pemkab barsel semenjak larangan dari pemerintah untuk membakar lahan untuk pertanian,” ucapnya.

Untuk itu Fraksi PDIP menyarakan kepada Pemkab agar segera menangani mencari solusi terkait dengan larangan membakar hutan atau membuat ladang yang baru.

Sementara itu fraksi pembangunan kesejahteraan melewati juru bicaranya Abdul Gani mengapresiasi atau mendukung terkait dengan rencana PDAM Tirta Barito yang akan melakukan pemasangan 500 sambungan baru kerumah warga.

“Hanya saja kami menyarakan agar kualitas air PDAM selalu terjaga kebersihannya atau sesuai dengan standar dinas kesehatan,” ucapnya.

Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri mengucapkan terima kasih atas saran dari fraksi PDIP untuk mencarikan solusi pelarangan membakar lahan untuk pertanian.

“Terkait hal itu kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar tidak merugikan masyarakat khususnya para petani di kecamatan dusun utara dan GBA serta Barsel pada umumnya,” ucapnya.

Sementara untuk fraksi pembangunan kesejahteraan pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap pemasangan 500 sambungan baru PDAM.

Pihaknya akan memonitor pelaksanaan sehingga kualitas dan kuantitas air PDAM sesuai standar dinas kesehatan. (URIUTU DJAPER/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru