Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Palangka Raya Kini Miliki Pondok Pesantren

  • Oleh Budi Yulianto
  • 22 November 2018 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya kini memiliki pondok pesantren. Peresmian berdirinya pondok pesantren Al-Istighfar itu bertepatan dengan acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, Kamis (22/11/2018).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang berdirinya pondok pesantren tersebut antara Kalapas, Syarif Hidayat, Kepala Kemenag Kota Palangka Raya, Baihaqi serta Kabag Umum Kemenkumham Kalteng, Budi.

Juga disaksikan pejabat terkait salah satunya Asisten II Pemerintah Kota Palangka Raya, Supriyanto yang mewakili Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin.

"MoU ini supaya pembinaan keagamaan dapat terkoordinir dengan baik. Jadi nanti setiap warga binaan akan mengikuti berdasarkan pengetahuan agama. Bisa saja nanti yang sudah bisa, ikut serta menjadi pengajar. Kalau yang belum ya dari nol," ucap Syarif Hidayat.

Namun yang pasti, lanjut dia, tenaga pengajar akan didatangkan dari luar sebagaimana telah menjalin kerjasama dengan Kemenag Kota Palangka Raya.

"Kita berharap, semakin hari semakin baik. Tidak hanya seremoni saja tapi bisa berkelanjutan," imbuhnya.

Pusat dari pondok pesantren itu yakni berada dalam masjid setempat. "Untuk non muslim, kita juga rutin melaksanakan kegiatan ibadah sesuai agama masing-masing. Jadi semua agama tetap kita fasilitasi untuk beribadah," tuturnya.

Sementara itu, Baihaqi mengatakan jika kerjasama dengan pihak Lapas dalam memberikan penyuluhan tentang agama sebenarnya sudah terjalin sejak lama. Termasuk menyediakan tenaga penyuluh profesional di Lapas tersebut. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru