Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Lima Desa di Barito Utara yang Akses Sanitasinya Capai 100%

  • Oleh Ramadani
  • 22 November 2018 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, H Siswandoyo mengatakan, berdasarkan data akses sanitasi terbaru 18-24 November 2018 dari web STBM Depkes, bahwa akses sanitasi penduduk Barito Utara yang telah mencapai 100% baru lima desa yang telah setop BABS atau ODF sudah mendeklarasikan desanya.

Kelima desa tersebut yakni pada tahun 2017 Desa Pandran Permai Kecamatan Teweh Selatan dan  Desa Payang Kecamatan Gunung Purei.

“Sedangkan tahun 2018, desa yang sudah mendeklarasikan desanya yaitu Desa Papar Punjung Kecamatan Lahei Barat, Desa Malungai dan Desa Rarawa Kecamatan Gunung Timang yang kita deklarasikan pada hari ini,” kata Siswandoyo pada pencanangan desa ODF di Desa Malungai, Kecamatan Gunung Timang, Kamis (22/11/2018).

Akses sanitasi dasar untuk Desa Malungai sebanyak 159 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 27 buah Jamban Sehat Permanen (JSP), 100 buah Jamban Sehat Semi Permanen (JSSP), dan Sharing atau Jamban Umum sebanyak 32 buah.

Sementara untuk Desa Rarawa sebanyak 110 kepala keluarga yang terdiri dari 7 buah JSP, 71 buah JSSP, dan 32 buah sharng atau jamban umum.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Camat Gunung Timang, Kepala UPT Puskesmas Ketapang Kecamatan Gunung Timang beserta staf jajarannya, Kepala Desa Malungai serta Kepala Desa Rerawa beserta jajarannya serta seluruh masyarakat yang telah proaktif dalam rangka mendeklarasikan desa menjadi desa Open Defecation Free (ODF),” pungkasnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru