Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Barito Selatan Rakor Gakkumdu untuk Samakan Persepsi

  • Oleh Uriutu
  • 23 November 2018 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Untuk menyamakan persepsi terkait proses penegakan hukum pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barito Selatan dengan pihak Kepolisian dan kejaksaan melaksakanan Rapat Koordinasi (Rakor) Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). 

Ketua Bawaslu Barsel, Nur Chambiyah mengatakan rakor gakkumdu ini telah dilaksanakan mulai dari Kamis 22-24 November 2018.

Rakor Gakkumdu ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara pihaknya dengan kepolisian dan kejakaan.

“Artinya ketika ada kasus atau pelanggaran dalam proses pemilu yang membedahnya Gakkumdu. Apakah itu nantinya masuk tindak pidana, pelanggaran adminitrasi, kode etik atau pelanggaran sangketa pemilu,” kata Nur, Jumat (23/11/2018).

Ia membeberkan dalam kegiatan ini Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Barsel juga dibekali hal-hal yang bisa menganalisa kasus-kasus atau pelanggaran pemilu.

Di antaranya soal politik uang, pengelembungan suara, dan satu orang mencoblos dua kali. Itulah yang harus mereka awasi dan analisa nantinya.

“Karena saat Pilkada kemarin, Panwascam tidak bisa melapor ke Gakkumdu langsung. Namun pemilu 2019 mereka bisa langsung melapor ke Gakkumdu,” jelasnya.

Intinya mereka iberikan pembelajaran tentang cara dan menganalisa hukum pemilu, mulai dari unsur dan subjeknya.

“Dengan tahu itu mereka nanti bisa menentukan dalam kajian apakah unsur pidana, pelanggaran adminitrasi, kode etik atau sengketa proses pemilu,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru