Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Tumbang Liting Katingan Ketiban Rezeki Durian Runtuh

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 November 2018 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejak dua pekan terakhir, warga Desa Tumbang Liting Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, ketiban rezeki durian runtuh dari kebun mereka. Di desa ini, satu kepala keluarga rata-rata memiliki kebun atau pohon buah durian.

"Kebun durian ini warisan orangtua dulu. Batang pohonnya cukup besar-besar diameter lebih dari 50 cm," kata Gunawan, pemilik kebun durian di Desa Tumbang Liting, Jumat (23/11/2018). 

Menurutnya, sebagian besar warga di desanya sudah hampir sebulan terakhir panen buah andalan itu.

Rata-rata kebun atau pohon durian warga ini berada di pekarangan rumah, namun tidak jarang pula ada di kebun khusus durian di seberang Sungai Katingan.

"Kalau malam kami di kebun durian itu, menunggu buah jatuh," kata Gunawan.

Alus warga Tumbang Liting lainnya mengaku selama musim buah durian ini keluarganya dapat menabung hasil dari penjualan durian itu.

"Ya lumayan lah hasilnya untuk tahun ini. Sudah tiga tahun terakhir durian di desa kami tidak berbuah dengan baik. Baru tahun ini kelihatannya lumayan banyak buahnya," katanya.

Alus mengaku tahun sebelumnya durian tidak banyak berbuah karena dipengaruhi cuaca yang tidak bersahabat. (ABDUL GOFUR/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru