Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ditpolair Polda Kalteng Programkan 1.000 Jamban di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 November 2018 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya untuk mengadakan program 1.000 jamban bagi masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang tinggal di bantaran Sungai Mentaya. 

"Program tersebut sudah kami koordinasikan dengan Pemerintah Kotim melalui dinas sosial dan mudah-mudahan bisa terlaksana pada 2019," ujar Dirpolair Polda Kalteng Kombespol Badarudin, Jumat (23/11/2018). 

Adanya pengajuan program tersebut bukan tanpa sebab. Pihaknya ingin Sungai Mentaya ini tidak tercemar oleh tinja atau kotoran manusia, hanya karena banyak jamban masyarakat yang ada di lanting. 

Sehingga agar hal itu tidak terjadi lagi, maka pihaknya mengajukan program tersebut. Sehingga jamban masyarakat yang berada di tepi sungai bisa dipindahkan ke daratan. 

"Harapannya tidak ada lagi pencemaran tinja di Sungai Mentaya. Sehingga bisa lebih sehat untuk digunakan mandi, dan cuci," kata Badarudin. 

Dirinya menerangkan, selama ini masih banyak masyarakat yang menggunakan jamban di atas lanting. Sehingga jika dalam satu orang saja menghasilkan setengah kilogram kotoran, maka jika digabungkan akan sangat banyak. 

Hal itu tentunya akan memberikan dampak besar terhadap kualitas air di Sungai Mentaya. Dengan adanya hal tersebut, diharapkan masyarakat di Kotim ini bisa sadar dan tidak lagi menggunakan jamban di lanting untuk buang air besar. Sehingga pencemaran air di daerah ini bisa terhindari. 

Hal itupun diharapkan bisa direalisasikan pada 2019 mendatang. Dan nantinya bisa diikuti oleh kabupaten lai. Bahkan mereka juga akan mempersiapkan desa percontohan pada program tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru