Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontingen Gunung Mas Ikuti 10 Cabang Lomba Pada Festival Tandak Intan Kaharingan

  • 25 November 2018 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Ketua Kontingen Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) Kabupaten Gunung Mas, Ucun A Tingang, mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengikuti 10 cabang lomba pada FTIK ke IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebagaimana diberitakan, FTIK ke IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah digelar di Kabupaten Barito Timur, 28-29 November 2018.

Cabang lomba yang diikuti kontingen Kabupaten Gumas yakni kandayu beregu dan perorangan (kidung rohani), tandak (manandak), pembacaan Kitab Suci Panaturan dan penerjemahannya, penyampaian pandehen (siraman rohani), cerdas cermat.

Kemudian, tarian bernapaskan agama Hindu Kaharingan, karungut bernapaskan Hindu Kaharingan, vokal group lagu rohani bernapaskan Hindu Kaharingan, menyiapkan sarana dan prasarana basarah, dan karnaval.

"Kotingen Kabupaten Gunung Mas yang berangkat mengikuti FTIK terdiri dari panitia 58 orang, pelatih dan pendamping 33 orang, serta peserta 75 orang," ungkap Ucun, Minggu (25/11/2018).

Sementara itu, Bupati Gumas Arton S Dohong, menyampaikan bahwa Festival Tandak Intan Kaharingan merupakan pesta seni religius umat Kaharingan yang dilaksanakan setiap dua tahun.

Festival ini dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. Kegiatan itu merupakan program pemerintah daerah dan termasuk salah satu pembangunan bidang seni keagamaan.

"Kepada kontingen FTIK Gunung Mas, supaya mengikuti kegiatan dengan baik dan menjaga nama baik daerah," pintanya. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru