Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahasa Daerah Harus Disosialisasikan Mulai Jenjang Sekolah Dasar

  • Oleh Naco
  • 25 November 2018 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Supriadi meminta bahasa daerah disosialisasikan mulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas.

"Dengan begitu bahasa daerah yang selama ini menjadi karakteristik daerah  tidak hilang begitu saja," kata Supriadi, Minggu (25/11/2018).

Pemberdayaan bahasa daerah merupakan urusan dinas teknis, seperti Dinas Pendidikan serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Bahkan bisa dimasukan dalam urusan mata pelajaran muatan lokal.

Supriadi meyakini, bila bahasa daerah itu dimasukan ke dalam mata pelajaran, genarasi muda akan mudah memahami dan menggunakannnya, terutama dalam kehidupam mereka sehari-hari.

Karena melalui kalangan pelajar ini pelestarian bahasa daerah akan cepat. Karena, jika masuk dalam mata pelajaran mereka akan ada kewajiban melaksanakannya. Mengingat itu bagian dari pendidikan mereka.

"Masukan dalam mata pelajaran muatan lokal menjadi cara yang paling efektif untuk memberdayaan bahasa daerah kita. Selain dari para pelaku budaya yang memang ingin melestarikannya," pungkas Supriadi. (NACO/B-3)

Berita Terbaru