Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Pesan Kepala Satpolair Kapuas Jika Melihat Aktivitas Illegal Fishing

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 November 2018 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Satpolair Polres Kapuas AKP Puji Widodo berpesan warga jika melihat aktivitas illegal fishing di lingkungan sekitarnya dapat melaporkan kepada pihak berwajib agar ditindaklanjuti.

"Kita sampaikan terus pesan kepada masyarakar, bila ada aparat desa atau warga yang melihat atau mengetahui adanya tindak pidana perikanan agar menghubungi ke Satpolair Polres Kapuas, Polsek setempat atau Dinas Perikanan Kapuas," tandas AKP Puji Widodo, Selasa (27/11/2018).

Lebih lanjut, menurut dia aktivitas illegal fishing itu berupa, alat setrum ikan, racun, hingga penggunaan jaring ikan yang dilarang oleh pemerintah, dikarenakan dapat merusak regenerasi ikan di perairan, sehingga dikhawatirkan bisa membuat punah ikan.

"Tentu ini jadi perhatian kita semua, sehingga terus kami upayakan untuk mensosialisasikan ini kepada warga agar tidak melakukan hal yang dilarang," ucapnya.

Selain itu, menurut ia sumber daya ikan merupakan karunia Tuhan yang harus dipelihara dan dijaga keberadaannya. "Sehingga anak cucuk kita masih tetap bisa menikmati sumber daya ikan yang ada," tuturnya.

Sehingga peran aktif masyarakat dalam mengawasi aktivitas tersebut sangatlah penting dalam membantu pemerintah untuk menjaga kelestarian dan ekosistem perikanan, khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas. "Karena yang menikmatinya masyarakat juga nantinya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5

Berita Terbaru