Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Peranan Keluarga Dalam Membaca Melalui Seminar Pendidikan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 November 2018 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Demi meningkatkan peranan keluarga, terutama orang tua, dalam membaca buku, Taman Kanak-kanak (TK) Islam Terpadu Al Abror, Kuala Kapuas, menyelenggarakan seminar pendidikan keluarga.

Kepala TK Al Abror Sri Rahayu mengatakan, membaca dapat diibaratkan membuka jendela. Karena dengan membaca akan memperluas wawasan serta meningkatkan daya pikir. Untuk itu, peranan keluarga sangat penting dalam memperkenalkan literasi kepada anak.

"Ayah atau ibu mempunyai peranan yang sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Kontribusi ayah dan bunda membacakan buku pada anak adalah sebuah kebutuhan dalam pengasuhan. Karena dapat mendekatkan hubungan emosional," ungkap Sri kepada wartawan, Rabu (27/11/2018).

Ia berharap, para peserta seminar yang merupakan orang tua murid dapat memahami peranan dalam meningkatkan minat baca anak.

"Karena dengan membaca buku yang dilakukan orang tua pada anak dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa anak sejak dini," ucapnya.

Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Kapuas Riduansyah bersama beberapa organisasi mitra seperti Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, TP PKK Kabupaten, Himpaudi, IGTKI, dan Gugus PAUD.

Narasumber seminar yakni praktisi PAUD dan Pengembangan Literasi, Khairia Ulfah. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru