Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Astra Agro Lestari Dukung Penghapusan Pungutan Ekspor CPO

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 28 November 2018 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Keputusan pemerintah membebaskan pungutan ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya mendapatkan sambutan baik dari PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI).

"Rencana tersebut mengindikasikan pemerintah sangat mendukung dan memperhatikan bisnis kelapa sawit di tengah harga yang anjlok. Adanya pembebasan tarif ekspor ini dapat membuat harga CPO kami bisa bersaing dengan kompetitor, terutama Malaysia," kata Corporate Secretary PT Astra Agro Lestari, Mario C. Surung, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/11).

Saat ini, AALI memasarkan CPO ke beberapa negara seperti India, China, Korea, dan juga Pakistan. Dari keempat negara ini, ekspor terbesar AALI adalah ke India dan China.

Sementara itu, secara year to date, porsi ekspor AALI sudah mencapai 39% dari keseluruhan penjualan AALI. Sisanya, sebanyak 61% diserap oleh pasar lokal.

Pemerintah akhirnya merevisi pungutan ekspor (PE) minyak sawit mentah dan produk turunannya menjadi 0%. Penghapusan pungutan ekspor ini merupakan solusi jangka pendek sembari meningkatkan daya serap pasar domestik dan memperluas pasar ekspor. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru