Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Katingan Dapat Gelar Adat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 November 2018 - 06:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting dapat gelar adat dari Dewan Adat Dayak (DAD) saat menghadiri rapat koordinasi tekhnis Dewan Adat Dayak dan pelatihan damang kepala adat.

 

Gelar adat kehormatan yang diterima Kapolres kemarin itu, yakni sebagai Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum atau warga kehormatan Dayak Kalteng, yang di pandang mampu menjaga keamanan dan ketertiban serta bertanggung jawab sebagai pelindung pengayom dan penegak hukum dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat masyarakat adat Dayak Kalimantan Tengah terutama di Kabupaten Katingan.

Kapolres yang mendapat gelar adat ini menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan rakor yang akan dilaksanakan selama tiga hari itu.

Menurut Kapolres, tugas damang kepala adat mempunyai peran penting dalam kehidupan masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah, yang salah satunya menegakkan hukum adat dan menjaga adat kedamangan.

Lainnya, menyelesaikan perselihan dan atau pelanggaran adat yang dilakukan oleh masyarakat, sehingga diharapkan bisa membantu Kepolisian dalam penyelesaian masalah sosial yang ada di masyarakat sehingga tidak berkembang menjadi potensi konflik dan gangguan Kamtibmas serta membantu menjaga keamanan Pemilu 2019 agar tetap aman, damai dan sejuk.

Rapat koordinasi tekhnis Dewan Adat Dayak dan pelatihan damang kepala adat ini dibuka oleh Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru