Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Undangan Sudah Sebar, Simah Laut Terancam Batal Digelar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 November 2018 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Kegiatan Simah Laut yang akan dilaksanakan di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), terancam batal.

Padahal undangan sudah disebar ke sejumlah instansi dan organisasi pada Kamis (29/11/2018).

Terancam batalnya ritual Simah Laut disebabkan adanya penolakan dari warga Desa Ujung Pandaran. Pasalnya dianggap menyalahi norma agama. Sehingga mereka meminta agar kegiatan itu ditiadakan.

Sebelumnya, Simah Laut dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (1/12/2018). Itu artinya pelaksanaan kegiatan tinggal tiga hari lagi. Persiapanpun sebenarnya sudah mulai dilakukan.

Bahkan kegiatan yang dianggap sebagai agenda pariwisata itu sudah dipromosikan, baik melalui medias sosial maupun iklan di jalan-jalan protokol.

Hal itu dilakukan dengan harapan even tahunan tersebut bisa menarik minat wisatawan, baik dari dalam daerah, nasional, maupun mancanegara.

Namun apa boleh buat, masyarakat Desa Ujung Pandaran meminta upacara Simah Laut diganti dengan tasyakuran kampung dan makan bersama.

Pihak Kecamatan Teluk Sampit telah mengadakan rapat bersama para tokoh terkait persoalan itu. "Kami masih melakukan rapat terkait hal itu, guna mencari format baru dalam kegiatan," ungkap Sekretaris Kecamatan Teluk Sampit, Muslih. 

Ia berharap agar kegiatan tersebut tetap bisa berjalan namun dengan format baru. Tanpa menyalahi aturan dalam ajaran agama. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru