Muncul Buaya di Dusun Belanti, BKSDA dan Polairud Langsung Pasang Imbauan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 November 2018 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Adanya kemunculan buaya di perairan Sungai Mentaya, Dusun Belanti, Desa Bangkuang Makmur, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membuat Direktorat Polisi Perairan (Ditpolairud) Polda Kalteng bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit memasang spanduk imbauan bayahanya predator tersebut.

"Kami langsung memasang himbauan atas kemunculan buaya tersebut, dengan dibantu pihak BKSDA," ujar Dirpolair Polda Kalteng Kombes Badarudin, Kamis (29/11/2018).

Spanduk yang dipasang sendiri berisikan imbauan hati-hati ada buaya. Yang yang harus diperhatikan masyarakat sendiri yakni, tidak berenang dan menyelam di sungai, selalu waspada apabila melakukan aktivitas di sungai serta buaya lebih agresif pada subuh pagi sore dan malam hari.

"Dengan ada spanduk tersebut, paling tidak memberikan peringatan kepada warga, sehingga tidak beraktivitas di sungai pada saat waktu tertentu," katanya.

Sementara itu di daerah tersebut sendiri terutama Desa Ganepo yang berada di seberang Dusun Belanti memang sering terlihat kemunculan buaya. Bahkan beberapa warga menjadi korban sambaran hewan tersebut.

Beruntung hingga saat ini tidak ada korban tewas akibat serang buaya, namun sejumlah korban mengalami luka yang cukup parah. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru