Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Kotim Pastikan Simah Laut Tetap Dilaksanakan

  • Oleh Naco
  • 29 November 2018 - 14:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, Fajrurrahman memastikan Simah Laut pada 1 Desember 2018 tetap dilaksanakan.

Namun apa yang jadi usulan masyarakat sesuai konsep yang akan mereka lakukan tanpa adanya kegiatan melarung atau memasukan kue dari berbagai jenis ke dalam kapal kecil dan ditenggalamkan ke laut atau dianggap memberikan sesajen ke laut.

"Melarung kita tiadakan, namun untuk kue tetap ada dan nanti akan dibacakan doa oleh pemuka agama dan kue itu dimakan sama-sama," kata Fajrurrahman, Kamis (29/11/2018).

Dia menegaskan kalau mereka sudah koordinasi dengan masyarakat hingga tokoh agama, maka kegiatan itu akan melibatkan pemuka agama agar membacakan doa nantinya dalam kegiatan tersebut.

Simah Laut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dipenghujung tahun. Dalam kegiatan itu, melarung selalu dilakukan, namun kali ini tidak ada ritual seperti itu lagi.

Kegiatan itu terbuka untuk umum, bahkan dia berharap kegiatan sebagai ucapan syukur kepada sang pencifta bisa dihadiri oleh banyak kalangan masyarakat.

Apalagi kegiatan itu sebagai salah satu untuk melestarikan adat dan budaya daerah dan jadi ajang promosi wisata. (NACO/B-6)

Berita Terbaru