Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kasongan Tetap Budidayakan Ikan Keramba Meskipun Harga Anjlok

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 November 2018 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Meskipun sudah hampir sebulan terakhir harga ikan keramba di tingkat petani di Kasongan anjlok, namun hal itu tidak menyurutkan warga untuk terus membudidayakan ikan air tawar tersebut.

"Mau bagaimana lagi, soalnya sekarang mencari pekerjaan lain juga susah. Terpaksa usaha yang sudah ada kita kembangkan meski sekarang boleh dikatakan paceklik," tutur Hamdan, pemilik keramba ikan di Pelabuhan Lama Kampung Banjar Kelurahan Kasongan Lama, Kamis (29/11/2018).

Tidak dipungkiri harga ikan keramba ditingkat petani sejauh ini fluktuatif. Di saat-saat tertentu ada kalanya harga ikan keramba ditingkat petani lumayan mahal berkisar Rp30 ribu per kg.

Akan tetapi ada kalanya juga pengepul menghargai ikan keramba ditingkat petani itu murah berkisar Rp22 ribu per kilogramnya.

"Tapi saya yakin harga ikan keramba jenis nila dan emas yang anjlok ditingkat petani ini tidak akan berlangsung lama, terlebih menjelang Natal dan tahun baru," katanya. 

Hamdan mengaku memiliki lima keramba ikan yang kesemuanya itu diisi bibit ikan nila. Saat ini usia ikan kerambanya baru berumur sekitar empat bulan. 

Namun sejak sepekan terakhir ia menambah lagi lima buah keramba ikannya. Pasalnya, jika hanya memiliki satu satu dua keramba, maka hasil atau laba yang didapatkannya tidak begitu terlihat dibanding 10 keramba atau lebih.

"Soalnya nunggu panennya juga lama sekitar lima sampai enam bulan, jadi kalau kerambanya banyak maka hasilnya akan kelihatan, beda kalau cuma satu atau dua, apalagi ikan banyak mati," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru