Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara akan Replanting 3.600 Hektare Kelapa Sawit

  • Oleh Ramadani
  • 29 November 2018 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pertanian setempat melakukan peremajaan (replanting) kebun kelapa sawit milik petani plasma di Kecamatan Teweh Selatan seluas 3.600 hektare.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Setia Budi pada sosialisasi peremajaan kelapa sawit pekebun dalam kerangka pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kepala Sawit di Muara Teweh mengatakan, program yang direncanakan ini dimulai pada 2019 mendatang.

“Dalam program ini kami kawal dan fasilitasi agar berjalan sesuai persyaratan yang berlaku. Untuk peremajaan kelapa sawit di Kabupaten Barito Utara ini alokasinya paling luas mencapai 3.600 haktare dibanding rencana lahan di kabupaten lain  di Kalteng hanya sekitar 1.500 hektare,” kata Setia Budi, Kamis (29/11/2018).

Inilah, kata Budi, upaya pihaknya untuk mendorong masyarakat atau petani kepala sawit di daerah ini agar serius mengurus berkas sebagai peserta replanting. “Untuk tahap I peremajaan kelapa sawit seluas 852 hektare, tahun ini masih menyelesaikan dokumen dan 2019 nanti mulai dilaksanakan. Luas ini akan terus berkembang dengan kesiapan petani mengurus administrasi,” kata Kadis Pertanian. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru