Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musirawas Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Tetap Dukung Simah Laut Asal tak Bertentangan Dengan Ajaran Agama Islam

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 November 2018 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tetap mendukung acara Simah Laut asalkan tidak ada lagi prosesi yang melanggar ajaran agama Islam. 

"Perlu kami luruskan, sebenarnya warga bukan menolak kegiatan Simah Laut. Namun mereka menolak adanya prosesi melarung sesajen ke laut. Karena itu melanggar norma agama," ujar Sekretaris Kecamatan Teluk Sampit Muslih, Rabu (29/11/2018). 

Sehingga dengan dihilangkan prosesi melarung sesajen ke laut, maka pelaksanaan kegiatan Simah Laut tetap berjalan. Bahkan masyarakat sekitar akan membantu dan mendukung penuh kegiatan tersebut. 

Hal itu dilakukan mereka sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah, yang saat ini sedang fokus mengangkat sektor pariwisata di Kotim ini. 

"Masyarakat di daerah ini tetap mendukung penuh kegiatan pariwisata. Yang terpenting tidak melanggar hukum agama islam," ungkap Muslih. 

Dengan adanya dukungan tersebut, maka pelaksanaan Simah Laut tetap akan digelar pada Sabtu (1/12/2018). Hal itu sudah berdasarkan jadwal atau agenda pariwisata yang telah ditetapkan pemerintah Kotim ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru