Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Dewasa Hasil Rescue di Kotim akan Dilepasliarkan di TNTP

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 November 2018 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat ini orangutan jantan dewasa yang berhasil direscue oleh tim dari Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Badan Konservasi Sumbed Daya Aalam (BKSDA) Kalteng dan Orangutan Foundation Internasional (OFI) di Dusun Remiling, Desa Ganepo, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotim, Selasa (27/11/2018) rencananya bakal dilepasliarkan di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

Kepala SKW II Pangkalan Bun Agung Widodo, Jumat (30/11/2018) menjelaskan saat ini orangutan tersebut masih menjalani cek kesehatan di Orangutan Care Center Quarantine (OCCQ) OFI di Desa Pasir Panjang, Pangkalan Bun.

"Sebelum dilepasliarkan tentunya orangutan ini harus menjalani tes kesehatan. Setelah itu selesai barulah diputuskan kapan pelaksanaan pelepasliaran primata tersebut," jelasnya.

Diberitakan, keberadaan orangutan ini diketahui Minggu (19/11/2018) oleh Kepala Desa Ganepo yang  melapor pada petugas BKSDA bahwa ada seekor orangutan yang merusak dan memakan buah di kebun warganya.

Saat itu BKSDA langsung melakukan observasi Senin (26/11/2018) di lokasi kebun milik masyarakat. Ternyata, si orangutan itu masih berada di lingkungan kebun, lantaran di situ banyak buah-buahan milik warga.

Keeaokan harinya, Selasa (27/11/2018) tim rescue melakukan penyelamatan  orangutan dengan cara menembakkan  peluru bius.

Setelah orangutan hilang kesadaran dan jatuh di matras pengaman yang disediakan, orangutan tersebut kemudian diamankan dan dibawa ke Pangkalan Bun. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru