Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karang Taruna Harus Sejalan Program Pemerintah 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 November 2018 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepengurusan Karang Taruna di seluruh daerah harus sejalan dengan program dan menjadi pendukung kinerja pemerintah, baik itu pemerintahan kabupaten, kecamatan, kelurahan, maupun desa di setiap wilayah mereka. 

"Karang Taruna harus sejalan dengan program pemerintah, jangan sampai malah bertolak belakang dan malah berseteru," ujar Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid saat pemilihan Ketua Karang Taruna Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Jumat (30/11/2018). 

Kepengurusan Karang Taruna bukanlah organisasi yang diberi gaji pemerintah. Namun organisasi tersebut harus bisa berjalan dengan harapan bisa membantu kinerja yang berbenturan langsung dengan program pemerintah. Terutama di tingkat desa, yang mana harus ditingkatkan koordinasi antarpemerintahan desa. 

"Karang Taruna merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Sehingga Karang Taruna harus menjadi wadah organisasi bagi para pemuda yang memiliki bakat, keterampilan untuk dikembangkan dalam peningkatan pengembangan pemerintah, terutama desa. Maka dari itulah harus sejalan dengan pemerintahan nantinya," kata Hafid. 

Saat ini yang harus menjadi prioritas adalah mengembangkan potensi sumber daya yang ada di desa menjadi industri kreatif yang mampu mengangkat ekonomi masyarakat dan menjadi ciri khas daerah. Baik itu dengan pengembangan usaha, maupun hal kreatif lainnya yang mendukung kemajuan masyarakat desa. Dengan bantuan dari pemerintah, melalui pelatihan dan pengembangan lainnya. 

"Jadi Karang taruna bisa mengembangkan usaha ekonomi produktif (UEP) dari dinas terkait, bagi pengembangkan potensi sumber daya yang ada di desa," ungkap Hafid. 

Sementara, dalam pemilihan Ketua Karang Taruna Kecamatan Mentawa Baru Ketapang terpilih melalui penunjukan langsung yakni Masdar. Dengan kepengurusan baru diharap bisa membuat organisasi ini tumbuh dan berkembang. 

"Kami harapkan dengan kepengurusan baru ini Karang Taruna Kecamatan Mentawa Baru Ketapang bisa tumbuh berkembang. Untuk memajukan masalah sosial di tengah masyarakat," harap Ketua Karang Taruna Kotim Alang Arianto. 

Alang juga berpesan agar Karang Taruna nantinya bisa sejalan dengan program desa-desa yang ada di MB Ketapang ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru